Dijamin Sukses! Berikut 5 Cara Menanam Daun Mint Dari Batang Yang Wajib Coba Di rumah

Daun mint merupakan salah satu tumbuhan yang dikenal dapat mengusir nyamuk dan penyegar udara. Selain itu tidak sedikit orang yang menggunakannya sebagai tambahan penyegar makanan ataupun minuman. Dengan berbagai fungsi dan manfaat yang dimiliki membuat tanaman ini banyak ditanam. Adapun cara menanam daun mint dengan stek saat ini sangat populer. Ingin tahu? Simak disini.

Cara Mudah Menanam Tumbuhan Mint Dengan Cara Stek

  1. Memilih Batang Yang Sudah Tua

Stek batang merupakan salah satu cara menanam tumbuhan mint yang sangat mudah dan cepat. Tingkat keberhasilan menggunakan batang pun sangat tinggi dibandingkan dengan bibit. Oleh karena itu pastikan untuk memilih batang yang berkualitas agar daun mint dapat tumbuh dengan baik. Untuk mengetahui batang yang berkualitas anda dapat melihatnya dari kedaannya apakah layu atau segar.

Selanjutnya pastikan batang yang digunakan terlihat hijau kecoklatan dan tidak cacat sedikitpun. Batang yang digunakan untuk stek juga harus bebas dari hama agar daun yang dihasilkan nantinya berkualitas dan memberikan rasa yang segar dibandingkan daun yang layu dan tidak terawat.

  1. Memotong Batang Mint

Setelah memilih batang yang berkualitas dan tidak diganggu oleh hama sama sekali, maka selanjutnya anda dapat melakukan pemotongan batang. Pemotongan batang yang dilakukan kurang lebih dengan panjang 5 sampai dengan 7 cm. anda dapat memotong batang dengan menggunakan pisau tajam ataupun gunting.

Sebelum berlanjut pada tahap lainnya, sangat penting bagi anda untuk menghilangkan daun mint pada batang. Sisakan kurang lebih 3 sampai dengan 4 lembar daun pada bagian atas. Kemudian potong beberapa batang mint lainnya yang akan ditanam dengan cara yang sama agar mudah melakukan perendaman.

  1. Merendam Batang

Merendam batang merupakan salah satu cara menanam daun mint yang dapat anda lakukan dan dicoba. Yang mana setelah memisahkan batang dengan daun yang terdapat di bawahnya anda dapat melakukan perendaman. Cara satu ini sangat lah mudah karena hanya membutuhkan gelas ataupun toples yang berisi air bersih.

Setelah wadah yang berisi air disiapkan, maka masukan batang mint hingga bagian bawahnya terendam air dengan sempurna. Perhatikan agar bagian daun yang disisakan tidak terendam dengan air. Selanjutnya diamkan batang kurang lebih seminggu, dan lakukan pergantian air setiap 4 atau 5 hari sekali. Hal ini dilakukan agar batang tanaman yang direndam tidak mudah membusuk.

  1. Memindahkan Batang Pada Tanah

Ketika batang yang direndam telah memiliki akar putih dan cukup panjang, maka and dapat memindahkannya pada media tanah. Tumbuhan mint merupakan salah satu tanaman yang menyukai tanah yang kaya pH dan sedikit mengandung asam yakni kurang lebih 6,5 hingga dengan 7,0. Selanjutnya buatlah lubang di tengah tanah dengan menggunakan jari dan masukan batang tersebut.

  1. Merawat

Setelah menanam batang mint dengan baik dan benar, pastikan pula untuk memberikan perawatan yang sesuai. Mulai dari penyiraman, penyesuaian matahari hingga dengan penggunaan pupuk agar tumbuh subur. Untuk penyuburan yang lebih cepat anda dapat menggunakan pupuk organik yang merupakan salah satu produk NASA (Natural Nusantara) yang kualitasnya terjamin.

Cara menanam tumbuhan mint dengan batang dikenal sebagai cara yang sangat efektif dan praktis. Pasalnya tidak membutuhkan banyak alat dan lain sebagainya yang membuat anda repot dan bingung. Anda cukup memilih batang yang bagus kemudian merendamnya dan menanam ditempat yang sabur, sangat mudah bukan?