Tips And Trik Cara Meraih Cita-Cita Menjadi Dokter

Menjadi salah satu tenaga kesehatan yaitu dokter memang membutuhkan kerja keras. Kerja keras ini nantinya akan digunakan untuk memastikan bahwa semua hasil yang dicapai akan berbuah manis. Sebagai generasi bangsa yang akan membangun negara pastinya dokter adalah salah satu profesi yang sangat banyak peminatnya. Untuk menjadi dokter terdapat tahapan-tahapan dan persiapan yang harus dilalui. Tahapan dan persiapan ini menjadi salah satu hal wajib agar nantinya saat dilakukan kegiatan calon dokter ini tidak begitu saja lulus tanpa kualitas. Dengan adanya hal tersebut maka akan muncul dokter yang unggul dan punya kualitas yang bisa dijadikan panutan ketika ingin melakukan pengobatan.

Persiapan Awal Untuk Menjadi Dokter

Banyak persiapan yang harus dilakukan oleh calon dokter ketika ingin melakukan profesi tersebut. Bukan hal mudah bagi seseorang untuk mulai proses dari awal hingga akhir. Untuk jadi seorang dokter atau tenaga medis yang profesional prosesnya dimulai bahkan sebelum bangku kuliah dijejali. Langkah yang harus diambil setiap kali akan mengejar sesuatu adalah niat. Meniatkan diri sendiri sejak awal merupakan kunci khusus yang akan didapatkan untuk meraih kemenangan. Saat ini persaingan untuk bisa mendapat gelar dokter juga tidak mudah. Hal tersebut sangat selektif sehingga hanya beberapa saja yang akan memenuhi kriteria dalam calon dokter. Persiapan yang banyak juga mengharuskan setiap pihak untuk selalu tanggap dalam melakukan sesuatu agar kualitas yang didapat maksimal.

Persiapan yang pertama adalah pengetahuan. Pengetahuan tidak bisa didapat begitu saja. Untuk meraihnya calon dokter harus lebih dulu memastikan jika mereka cukup waktu dan juga pengetahuan. Langkah awal yang bisa dilakukan untuk meningkatkan pengetahuan tentu saja dengan belajar. Belajar juga jadi kunci yang cukup penting untuk bisa mendapat hasil. Tak hanya sekedar belajar saja akan tetapi juga melihat dari apa yang dipelajari. Jenis pembelajaran yang bisa dilakukan juga bervariasi. Untuk tingkatan  pemula tentu saja bettor bisa melakukan banyak hal. Pembelajaran dapat melalui buku, les atau melalui internet. Teknologi yang paling tinggi juga bisa jadi sumber belajar yang tepat bagi pemula ini. Dalam hal ini juga ada bimbel simak UI yang memungkinkan calon-calon generasi untuk belajar lebih giat lagi. Dalam meraih cita-cita perlu adanya media belajar yang tepat. Dengan memanfaatkan bimbel yang ada maka peluang untuk mendapat hasil juga sangat banyak. Apabila nantinya setiap ketentuan dalam tes keluar maka peluang untuk masuk juga akan lebih maksimal lagi.

Selain belajar, yang kedua adalah masuk jurusan yang relevan. Dalam jenjang pendidikan mulai SD hingga kuliah telah banyak kurikulum baru yang sangat berguna untuk hal ini. Kurikulum ini biasanya memberikan kebebasan pada seorang siswa untuk menentukan sendiri jenis mata pelajaran dan materi apa yang ingin mereka gunakan. Hal ini yang bisa dilakukan sebagai salah satu cara untuk mendapatkan kesempatan dan pengetahuan. Bagi yang bersekolah di sekolah umum tentu saja orang-orang ini juga bisa memilih jurusan yang lebih tepat. Salah satunya adalah IPA. Di dalam tingkat sekolah menengah atas terdapat jurusan yang bisa digunakan untuk menjuruskan diri ke dalam sistem tersebut. Dalam memilih jurusan di bagian ini memang banyak yang akan menggunakan IPA sebab jika hal tersebut dilakukan maka peluang untuk masuk ke dalam jurusan yang mereka inginkan jadi bertambah besar. Kesempatan ini harus dimanfaatkan dengan baik sebab jika nantinya memanfaatkan waktu dengan baik akan membuat kesempatan lebih besar.

Persiapan lainnya yang sangat penting adalah dana. Sebagai orang yang akan melakukan proses perkuliahan atau sekolah dalam dunia medis akan mendapatkan banyak sekali hal. Hal iti tentu saja membutuhkan banyak dana dan biaya. Biaya ini digunakan untuk banyak hal. Saat ini biaya untuk menjadi seorang dokter atau ikut kuliah kedokteran tidak lah murah. Semua harus dipersiapkan dengan baik. Dana awal yang digunakan tidak tanggung-tanggung bahkan hingga ratusan juta rupiah. Biaya tersebut tidak termasuk dengan biaya melakukan praktek yang pastinya juga lebih mahal. Sering kali hanya orang-orang dari pihak tertentu atau dari kalangan khusus yang bisa melakukan pembayaran. Tetapi saat ini sudah banyak beasiswa yang diberikan oleh banyak pihak bagi mereka yang memang punya kemampuan. Untuk mendapatkan beasiswa tersebut pastinya semua perlu untuk berusaha. Berusaha dan berdoa akan menjadi kunci sukses untuk meraih kemenangan nantinya. Persiapan biaya ini harus benar-benar dimanfaatkan oleh banyak pihak sebab jika tidak akan keteteran waktu melakukan pembayaran. Ada baiknya jika mulai menabung dari sekarang untuk meraih cita-cita. Dengan menabung maka kesempatan untuk mendapatkan kenyamanan ketika belajar juga akan lebih tepat. Sebagai calon generasi penerus tentunya persiapan ini harus dilakukan sedari dini.

Yang tak kalah penting harus dilakukan dan dipersiapkan adalah fisik dan juga mental. Kesiapan fisik mungkin adalah syarat yang juga perlu untuk diperhatikan. Tinggi badan minimal, kesehatan lima organ terpenting dalam tubuh serta gigi dan juga penyakit menular akan jadi syarat utama untuk mendapat gelar tersebut. Hal itu juga ditunjang dengan kesiapan mental yang dimiliki oleh pengguna itu sendiri. Kesiapan mental seseorang tak hanya bisa dilihat dari sekilas saja akan tetapi juga ada tea psikologi yang harus dilakukan oleh calon mahasiswa. Tes ini dilakukan di rumah sakit atau media yang telah disediakan oleh panitia pendaftaran mahasiswa fakultas kedokteran. Dengan adanya uji psikologi ini tentu akan lebih meyakinkan lagi bahwa mereka telah siap lahir dan bantin. Sebelum bisa mendapat hal tersebut player juga wajib bebas narkoba. Pernyataan bebas narkoba ini juga disertakan uji bahwa mereka tidak mengkonsumsi obat-obat terlarang jenis apapun. Apabila terbukti maka otomatis akan membuat gugur dalam proses seleksi.

Tahapan Menjadi Dokter

Untuk menjadi dokter terdapat tahapan-tahapan yang harus lebih dulu dilakukan. Tahapan ini dimulai dari pendaftaran hingga bisa langsung bekerja sebagai seorang dokter atau tenaga kesehatan. Yang pertama adalah mempersiapkan segala hal agar bisa melakukan proses dengan lebih nyaman. Calon dokter muda ini harus lebih dulu memilih kampus atau universitas yang ingin mereka pakai untuk belajar sampai lulus ujian. Pilih lah kampus yang memang telah memiliki akreditasi yang terbaik. Kampus negeri bisa jadi pilihan yang sangat tepat untuk meningkatkan kualitas. Hal ini menjadi pilihan yang sangat tepat sebab banyak kampus negeri yang memiliki fakultas kedokteran yang sangat bergengsi. Memilih salah satunya bisa jadi solusi dan juga keuntungan tersendiri. Hal itu untuk memastikan jika nantinya setiap layanan yang akan digunakan bisa menghasilkan kemudahan bagi calon mahasiswa. Mahasiswa yang telah memilih kampus terbaik hanya tinggal mengikuti langkah selanjutnya untuk melakukan pendaftaran.

Langkah selanjutnya yang harus dilakukan adalah mengikuti tes fisik yang diadakan oleh kampus tersebut. Tes fisik yang dilakukan termasuk dalam tes yang umum bagi banyak bidang. Bagi seorang calon dokter laki-laki tinggi minimal yang harus mereka miliki adalah 155 cm sedangkan untuk perempuan 150 cm. Tinggi ini adalah tinggi umum calon dokter yang harus dimiliki. Dengan adanya ketentuan ini maka bisa dipastikan jika calon mahasiswa dengan tinggi tersebut mungkin tak akan lolos. Setelah tinggi badan tentunya berat badan juga jadi pertimbangan. Keseimbangan yang harus dimiliki oleh tubuh adalah syarat utama yang penting. Dari tahapan mengukur tinggi dan juga berat badan yang ideal tentunya perlu ada pemeriksaan lain yang harus dilakukan. Pemeriksaan tersebut juga dilakukan secara lengkap mengingat bahwa untuk jadi seorang dokter harus sehat rohani dan jasmani. Tes yang dilakukan meliputi tes tekanan darah, tes gigi serta tes jika ada masalah dengan sistem tubuh seperti penyakit menular. Hal ini akan sedikit membuat proses yang dilakukan lama. Sebagai seorang calon dokter pastinya semua itu harus dipenuhi lebih dulu agar bisa menjadi mahasiswa kedokteran. Selain ujian fisik para mahasiswa ini juga harus memiliki mental yang kuat dan lulus uji materi. Materi yang diujikan juga sesuai dengan materi kedokteran yang telah dipersiapkan. Uji materi ini juga menjadi dasar untuk proses lanjutan dalam  melakukan perkualiahan. Hal tersebut dilakukan untuk melihat seberapa besar pengetahuan yang mereka miliki.

Jika lulus dua tes ini maka mahasiswa akan menjalani dua semester untuk melakukan tugas materi. Dua semester ini dilakukan dengan pembelajaran teori saja tentang semua layanan yang ada dalam dunia kedokteran. Belajar teori hanya dilakukan selama 2 semester saja karena dalam dunia kedokteran teori tidak terlalu digunakan dan membutuhkan banyak praktek. Calon-calon dokter masa depan harus siap dengan segala sesuatu yang akan terjadi nantinya selama praktek. Apabila telah menyelesaikan pendidikan teori selama dua semester maka yang harus dilakukan selanjutnya adalah praktek. Pada masa praktek ini siswa akan di aja secara langsung terjun ke lapangan. Sebagai dokter tentunya mereka harus siap ditempatkan di divisi mana saja. Saat praktek ini dilakukan maka mereka harus membagi waktu dengan tepat. Pembagian waktu antara praktek, membuat tugas dan juga istirahat. Mereka tak akan bisa meluangkan waktu banyak hanya untuk sekedar melakukan kegiatan di luar praktek mereka. Jika hal tersebut telah dilalui maka tinggal menunggu untuk kelulusan saja.

Saat lulus dan dilantik menjadi dokter, mereka belum bisa mendapatkan ijin praktek karena belum memiliki STR atau surat kerja dari ikatan dokter. Surat ini nantinya yang akan dipakai untuk bekerja di rumah sakit atau bekerja mandiri membuka klinik. Sebelum itu dilakukan dokter muda ini harus lebih dulu melakukan magang selama satu tahun di rumah sakit atau mana saja yang telah sesuai dengan standar. Baru lah setelah mendapat hal tersebut mereka bisa membuka ijin praktek mereka sendiri. Apabila telah mendapat gelar dokter dan ingin lebih meningkatkan kompetensi maka dokter ini bisa kembali menempuh pendidikan profesi. Pendidikan khusus yang dilakukan juga sangat banyak. Menjadi spesialis juga membutuhkan waktu yang tak sedikit yaitu empat hingga enam tahun. Jika telah lulus uji tersebut maka gelar dokter yang dimiliki akan bertambah. Dokter yang telah memiliki gelar spesialis ini pastinya harga yang dipatok juga cukup mahal.