Doa Husnul Khatimah

Dalam banyak khutbah husnul khatimah, kita mungkin sudah sering mendengar tentang doa husnul khatimah. Doa ini berisi permohonan agar mendapatkan akhir kehidupan yang bahagia, dalam keadaan mulia dan diridhoi Allah serta mendapat sambutan baik oleh malaikat di liang kubur.

Islam mengajarkan bahwa husnul khatimah bukanlah sesuatu yang datang begitu saja ketika seorang muslim akan meninggal. Husnul khatimah harus diupayakan dengan kebiasaan-kebiasaan yang baik sejak hari ini. Sebuah hadis menyatakan bahwa seseorang akan meninggal dalam keadaan yang paling sering ia lakukan.

Ketika hobinya menonton film, besar kemungkinan ia akan meninggal ketika menonton film. Ketika kebiasaannya adalah shalat malam, maka sangat berpotensi seseorang akan meninggal dalam keadaan shalat. Bayangkan jika seseorang hobi melakukan maksiat? Bukankah ia sangat berpeluang meninggal dunia dalam keadaan maksiat?

Di bawah ini, kita akan membahas beberapa upaya yang dapat kita lakukan untuk memperjuangkan akhir kehidupan yang bahagia. Kiat tersebut ada dua macam, yakni berupa amalan kebiasaan dan doa-doa khusus untuk mendapatkan husnul khatimah.

Kiat Mendapatkan Husnul Khatimah Menurut  Imam At-Tsauri

Pixabay.com

Salah satu imam terkemuka Islam bernama Imam Sufyan At-Tsauri menyampaikan ada beberapa amalan yang dapat dilakukan untuk mendapatkan husnul khatimah. Beberapa amalan tersebut yaitu:

  • Selalu konsisten dalam menjaga stabilitas keimanan
  • Istiqomah menghindari larangan-larangan Allah dan melaksanakan perintahNya.
  • Senantiasa berikhtiar menjadi manusia yang baik, dalam hubungan kepada Allah maupun sesama manusia.
  • Tidak lelah berdoa dan memohon kepada Allah agar diwafatkan dalam keadaan husnul khatimah. Dengan keimanan yang bersemayam dalam dada.
  • Membiasakan diri untuk berdzikir atau membaca Al-Qur’an ketika sedang memiliki waktu luang. Ingat, kematian bisa datang kapan saja. Oleh karena itu, jangan sampai lengah dan lalai menghabiskan waktu dengan sia-sia.

Kumpulan Doa-Doa Memohon Husnul Khatimah

Pixabay.com

Nabi Muhammad mengajarkan banyak sekali amalan doa bagi umatnya yang menginginkan akhir kehidupan husnul khatimah. Doa tersebut terus diajarkan dari satu generasi ke generasi umat Islam selanjutnya.

Doa ini memiliki arti permohonan agar Allah menjadikan umur yang kita miliki bermanfaat untuk orang lain dan mendapatkan keberkahan. Memohon akhir kehidupan yang bahagia dengan keridhoan Allah. Terakhir, memohon agar mendapatkan kebahagiaan di akhirat karena kelak menjadi hari bertemunya seorang hamba dengan TuhanNya.

Doa ini berisi permohonan dari seorang hamba kepada TuhanNya untuk diberikan ampunan dari dosa-dosa yang baru dilakukan maupun di masa lalu. Dengan demikian, mereka dapat meninggal dalam keadaan terampuni dan tidak terbebani oleh dosa sekecil apapun.

Doa tersebut sekaligus juga permintaan agar kita wafat Bersama golongan orang-orang yang diridhoinya. Jangan sampai kita masuk dalam golongan manusia yang mendapatkan murka darinya.

Kedua doa ini bisa dibaca setiap sehabis shalat. Semakin sering dibaca akan semakin baik. Setelah membaca Al-Qur’an maupun berdzikir, usahakan untuk melafalkan doa ini untuk menunjukkan kesungguhan kita kepada Allah SWT.

Demikian beberapa doa memohon husnul khatimah yang juga merupakan isi dari khutbah husnul khatimah. Tentu seluruh umat muslim menginginkan mendapat akhir yang bahagian di dunia ini. Jangan lupa untuk mulai membiasaan habits-habits baik mulai sekarang.

Salah satu trik yang bisa ditempuh untuk menghindari maksiat adalah dengan mengingat bahwa kematian bisa datang kapan saja, tidak peduli saat seseorang melakukan tindakan maksiat ataupun tindakan baik. Dengan selalu mengingat kemungkinan tersebut, kita akan berpikir ulang untuk melakukan dosa karena takut meninggal dalam keadaan tersebut.