Tips Lulus AKPOL dan Hal yang Wajib Diperhatikan

Bagi pelamar bisa masuk seleksi AKPOL ini merupakan suatu kebanggaan tersendiri. Hal ini dikarenakan untuk dapat lulus AKPOL proses seleksinya ketat. Sebelumnya kita juga harus lulus seleksi pada tingkat daerah dilanjutkan dengan lulus tingkat pusat.

Tips Lulus AKPOL

Lalu bagaimanakah agar kita bisa diterima dan bisa bersaing dengan peserta lainnya? Tips lulus AKPOL ini bisa membantu bagi yang akan mengikuti seleksi AKPOL. Semoga bermanfaat.

1. Berdoa

Tips yang pertama tentu saja dengan berdoa. Berdoa itu sangat lah penting. Karena kita hanyalah manusia biasa yang butuh pertolongan dari yang Maha Kuasa.

Berdoalah sesuai dengan agama dan kepercayaan masing-masing. Karena dengan berdoa kita menjadi ingat siapa yang menciptakan kita, siapa yang akan menentukan karir kita dan banyak lagi.

Sehingga sudah sepantasnyalah untuk tips yang pertama ini dilakukan dengan cara berdoa. Apabila kehidupan kita menginginkan yang sama dengan kebanyakan orang maka kewajiban yang kita lakukan juga sama dengan yang lain. Namun jika kita ingin bisa lebih dari yang lainnya, kita diharuskan berbuat dan berusaha lebih dari yang lainnya.

Dan hal tersebut sama juga bagi yang berdoa. Sehingga kita juga tak hanya melakukan kewajibannya saja yang sudah bisa dilakukan orang lain. Namun kita juga bisa melakukan yang sunnahnya yang belum banyak dilakukan orang lain. Misalnya seperti shalat sunnah, puasa sunnah serta sedekah ke anak yatim piatu.

2. Doa Restu Orang Tua

Tips selanjutnya ada doa restu orang tua. Nah ini juga penting sekali bagi kamu yang akan mengikuti tes masuk AKPOL ini. Kita semua juga tahu bahwa orang tua ini sudah melahirkan kita, merawat, mendidik dan jasa-jasanya pada kita tidak bisa dilupakan sampai kapanpun.

Mintalah doa restu pada orang tua, dan yang terpenting juga yakinkan diri bahwa dengan menjadi AKPOL maka bisa membahagiakan orang tua.

3. Siapkan Persyaratan Dengan Lengkap

Jangan lupa juga untuk selalu mempersiapkan persyaratannya dengan lengkap. Pemeriksaan berkas-berkas persyaratan ini dimulai pada tingkat daerah. Biasanya pada Polres dan Polda Selaku Panbanrim.

Dan untuk persyaratan ini memang benar-benar harus bisa terpenuhi dan lengkap agar kamu tak gagal ketika mengikuti seleksi berkas ini.

4. Periksa Kesehatan

Apabila diperlukan, kamu juga bisa memeriksakan kesehatan diri minimal seminggu sekali pada dokter. Penting juga bagi kamu untuk selalu menjaga pola makan, beristirahat, jangan terlalu stres dan khawatir tentang ujian seleksi, berolahraga yang cukup serta minum air yang cukup dan lain-lain.

5. Tes Psikologi/Kejiwaan

Apabila mengikuti seleksi tingkat daerah untuk tes psikologi ini atau banyak yang menyebutnya dengan tes psi dilakukan dengan cara tertulis. Disini kamu akan mengerjakan serangkaian soal psikotes/TPA.

Agar hasil tes psikotes ini sesuai dengan harapan maka kamu juga harus sering berlatih mengerjakan soal-soal psikotes.

Kamu bisa dapatkan soal-soal tes ini di toko buku ataupun bisa juga mendapatkan nya secara online. Perbanyak latihan soal tes tahun sebelumnya. Karena biasanya materi psikotes ini juga tak jauh berbeda dengan tahun lalu.

Kemudian jika kamu lulus pada tingkat daerah maka akan dilanjutkan dengan seleksi pada tingkat pusat. Untuk tes pada tingkat pusat ini dilakukan tes psikologi/kejiwaan dengan wawancara.

6. Tes Akademik

Selanjutnya yaitu tes akademik. Tes ini dilakukan yang berkaitan dengan akademik yang meliputi tes mata pelajaran yang sudah kamu pelajari di SMA/sederajat.

Namun kamu juga bisa mengerjakan soal-soal tahun lalu, karena memang tesnya tidak jauh berbeda. Dan ini berarti bahwa untuk tingkat kesukarannya tak jauh berbeda dari tahun ke tahun.

7. Kesehatan Tahap II

Lalu jika kamu sudah sampai ke tahapan ini maka kamu kemungkinan besar lulus tingkat daerah menjadi terbuka lebar. Hal ini dikarenakan tes seleksi masuk AKPOL ini dilakukan dengan menggunakan sistem gugur. Dan biasanya lebih dari setengahnya tidak bisa lolos ke berikutnya.

Dan jika kamu ingin lulus pada tes kesehatan ini maka kamu bisa berkonsultasi terlebih dahulu dengan dokter yang berkompeten.

Hal ini dikarenakan tes kesehatan yang akan dijalan ini melihat kesehatan yang ada pada diri kamu serta tes di laboratorium.

8. Uji Kemampuan Jasmani

Disarankan sebelum mengikuti tes masuk ini maka kamu bisa persiapkan diri untuk berlatih renang. Kamu bisa berlatih dengan berbagai gaya renang. Selain itu kamu juga bisa belajar tentang kesamaptaan serta Antropometri.

9. Siapkan Mental

Agar kamu bisa lulus dengan baik di AKPOL ini maka kamu juga harus memiliki mental serta kepribadian yang matang. Selain itu kamu juga harus dewasa, tenang, sabar dan sebagainya.

Kamu bisa berlatih diri agar menjadi pribadi yang menyenangkan dan diinginkan. Karena tes mental kepribadian akan dilakukan oleh Panimal untuk memeriksa mental Kamu. Ini dilakukan sebagai pertimbangan dalam penentuan kelulusan.

 

Hal-Hal yang Harus Diperhatikan Sebelum Seleksi AKPOL

Apabila kamu sudah memiliki keinginan yang kuat untuk menjadi taruna di AKPOL ini, maka kamu juga harus memperhatikan hal-hal berikut ini.

1. Update Berita dari Situs Resmi

Jika kamu ingin informasi lebih jelas mengenai AKPOL ini maka kamu bisa melihatnya di https://www.penerimaan.polri.go.id

Pada situs tersebut kamu bisa mencari berbagai informasi yang terkait dengan penerimaan AKPOL. Informasi ini mulai dari cara pendaftaran masuk AKPOL, jadwal seleksi terbaru dan terupdate, dan petunjuk mengenai pakaian yang harus dikenakan.

Dan jika pendaftaran tersebut belum dibuka maka kamu harus tetap rajin membuka laman resmi tersebut. Karena kamu bisa langsung mengetahui informasinya.

2. Perhatikan Persyaratan yang Diminta

Untuk menjadi taruna AKPOL ini terdapat beberapa macam persyaratan yang harus dipenuhi. Dan untuk persyaratan tersebut dibagi menjadi dua bagian yaitu persyaratan huss dan persyaratan umum.

Disini kita juga akan menemukan poin-poin yang detail dan tidak luput dari perhatian misalnya usia, belum menikah, nilai rapor, tinggi badan, tidak bertato dan point lainnya.

Kemudian untuk persyaratan lainnya misalnya mendapat izin dari kepala instansi sebelumnya bagi yang sudah bekerja dan izin orang tua.

Selain itu syarat perihal ijazah luar negeri, dan persyaratan mengenai asal sekolah dan domisilinya. Dan ketentuan-ketentuan tersebut juga harus kamu pahami sehingga proses seleksi yang kamu lakukan akan berjalan lancar.

3. Pahami Proses Seleksi Penerimaan

Bagi kamu yang akan mengikuti tes seleksi ini maka kamu juga harus mendaftar online di website nya yaitu penerimaan.polri.go.id.

Setelah melakukan pendaftaran online maka kamu juga harus memverifikasi pendaftaran di Polda setempat. Dan jangan lupa agar kamu membawa berkas-berkas yang diperlukan.

Kemudian secara umum, tes juga akan dilakukan dengan dua tahapan. Tahap pertama di tingkat daerah dan tahap kedua di tingkat pusat.

Adapun untuk seleksi yang dilakukan di tingkat daerah ini dilakukan dengan seleksi administrasi, uji akademik, pemeriksaan kesehatan, uji jasmani, kesehatan jiwa, uji renang, sampai dengan sidang terbuka kelulusan tingkat daerah.

Berikutnya yaitu tinggal melanjutkan ke seleksi tingkat pusat. Untuk tahapan yang ada pada tes ini hampir sama dengan yang diatas. Diantaranya yaitu administrasi, akademik, kesehatan, maupun psikologis.

Akan tetapi disini terdapat beberapa proses seleksi yang berbeda. Diantaranya yaitu wawancara, kepribadian serta pemeriksaan penampilan. Dan alur ini penting sekali untuk diketahui bagi pendaftar. Hal ini karena banyaknya tahapan tes yang harus dihadapi nantinya. Sehingga calon taruna ini juga bisa lebih mempersiapkan dirinya dengan baik.

Persiapan Masuk AKPOL

Dibawah ini adalah lima hal yang harus kamu persiapkan apabila ingin masuk AKPOL.

1. Persiapkan Nilai Akademik Sebaik Mungkin

Persiapan ini dimulai jauh-jauh hari. Disarankan sejak awal kamu masuk SMA maka persiapkan untuk selalu serius dalam belajar sehingga nilai akademik yang kamu raih akan bagus. Dan dengan persiapan matang maka kamu juga bisa bersaing dengan banyak calon lainnya.

Saat mengikuti seleksi masuk AKPOL ini kamu juga akan diuji tiga materi. Materi tersebut meliputi Matematika, Bahasa Indonesia serta Bahasa Inggris. Dan untuk ketiga materi tersebut juga bobotnya berbeda.

Untuk materi matematika memiliki bobot 30%, bahasa Indonesia dan bahasa Inggris bobotnya 35%. Sehingga belajarlah dengan giat mulai sekarang dan ikutilah BIMBEL AKPOL agar bisa maksimal dalam menghadapi tes masuk AKPOL.

2. Latihan fisik Sejak Dini

Persiapan lainnya kamu juga harus rajin melakukan olahraga. Karena jika ingin masuk AKPOL maka kamu juga ada di tes kemampuan berlarinya. Kamu harus berlari dengan mengelilingi lapangan sepakbola selama 12 menit.

Selain itu kamu juga harus menjalani tes pull up, push up, sit up dengan waktu 1 menit. Disini kamu harus melakukan dengan sebanyak-banyaknya.

Selain itu kamu juga dites untuk lari cepat hanya dalam waktu 16 detik. Selama waktu tersebut kamu akan dihitung sejauh mana kamu bisa berlari.

Lalu untuk tes renang kamu akan melakukan renang sejauh 25 meter. Dan harus memberikan catatan waktu yang terbaik.

Jadi sudah seharusnya seorang Taruna AKPOL ini harus memiliki kemampuan fisik yang prima dan pintar.

3. Siapkan Menghadapi Tes Psikologi

Disini kamu juga akan menjalani tes psikologi. Selain itu kemampuan untuk bekerjasama, leadership serta menangani sekaligus mencari solusi dalam menghadapi persoalan.

Saat menjalani tes ini, kamu juga akan dinilai oleh psikolog ahli yang berasal dari luar kepolisian. Kamu akan dilakukan pemantauan saat menghadapi suatu masalah.

Jadi bagi mereka yangĀ  masih memiliki sifat egois, ingin menang sendiri, manja tak akan bisa melewati tahapan tes ini.

4. Tes Kesehatan

Lalu kamu juga akan dilihat tes kesehatan. Taruna Akpol tak boleh memiliki buta warna, mata yang minus, memiliki sakit berat seperti penyakit jantung dan penyakit berat lainnya. Selain itu tak boleh memiliki ambeien, kaki yang bengkok serta gagap dalam berbicara.

Untuk tinggi badannya minimal 165 cm bagi taruna pria.

5. Integritas

Disini kamu jangan coba-coba untuk melakukan suap, KKN, apalagi berlaku curang. Oleh karena itulah untuk semua panitia seleksi, orang tua serta siswa disumpah terlebih dahulu agar berlaku jujur.

Dan apabila ketahuan bermain curang, maka akan langsung dicoret. Bahkan saat kamu mengikuti tes lari terdapat run tracker supaya bisa mencatat sejauh mana kamu bisa berlari.

Demikian beberapa tips lulus AKPOL serta informasi tes masuk AKPOL. Semoga bermanfaat dan bisa diterima menjadi taruna AKPOL selanjutnya.