Inilah Waktu Terbaik untuk Sedekah

Kapan waktu terbaik untuk sedekah? Menjadi pertanyaan banyak orang karena mereka ingin melakukan amalan sedekah agar bisa mendapatkan lebih banyak pahala dan keberkahan.

Sedekah merupakan memberikan sesuatu dengan ikhlas tanpa dibatasi oleh jumlah tertentu dan waktu memberikannya. Sebagai seorang muslim kita diwajibkan untuk menyisihkan sebagian harta untuk diberikan kepada orang yang membutuhkannya.

Dalam melakukan sedekah kita juga tidak mengarapkan imbalan apapun dan harus ikhlas karena Allah SWT. Keutamaan sedekah telah Allah firmankan pada Al-Qur’an surah Al-Baqarah ayat 261. Di dalam ayat tersebut memperumakan sedekah seperti orang yang menanam biji, kemudian biji tumbuh menjadi 7 untai dan setiap untai memiliki 100 biji. Yang artinya Allah akan melipatgandakan balasan kepada orang-orang yang memberikan sedekah.

Jadi kita sebagai seorang muslim harus melakukan sedekah, karena sedekah adalah perintah Allah SWT. Karena di dalam rezeki yang kita miliki terdapat hak orang lain yang harus kita bagikan ketika mendapatkannya.

Kapan Waktu Terbaik Untuk Sedekah?

1. Saat Waktu Subuh dan Sebelum Matahari Terbit

Sedekah dapat dilakukan kapan saja dan dimana saja, tetapi ada beberapa ulama berpendapat waktu terbaik untuk sedekah adalah saat tiba waktu subuh atau sebelum matahari terbit.

Karena sedekah waktu subuh memiliki banyak keutamaan atau manfaat bagi umat muslim, keutamaan yang bisa kita dapatkan adalah terkabulnya hajat.

Menurut hadits keutamaan memberi sedekah yang terdapat pada HR Shahih Muslim, no: 1713 ada 4 waktu terbaik untuk melakukan sedekah yaitu saat sehat, saat kirir, saat takut miskin dan saat merasa menjadi orang kaya.

Untuk penjelasan waktu terbaik untuk sedekah berdasarkan HR Shahih Muslim, no: 1713, simak penjelasan berikut :

2. Saat Dalam Keadaan Sehat

Waktu terbaik untuk sedekah adalah saat kondisi kita dalam keadaan sehat. Saat kita sedang mengejar duniawi dengan keadaan sehat, maka ini adalah waktu terbaik untuk kita bersedekah.

Jika kamu sekarang masih muda dan memiliki ambisi untuk bisa meraih cita-cita dan masa depan, maka segerakanlah untuk bersedekah.

Dalam keadaan ini banyak orang akan merasa sulit untuk mengeluarkan atau menyisihkan hartanya untuk disedekahkan. Karena di waktu ini tenaga yang digunakan hanya untuk mengejar ambisi kekayaan duniawi saja.

Jadi pada kondisi ini membutuhkan keikhlasan untuk beralam dan hanya berharap ridho dari Allah SWT. Bukan untuk mendapatkan sebuah imbalan dari apa yang telah kita sedekahkan.

Saat kondisi sedang sehat, kita dapat mengeluarkan sedekah kepada mereka yang membutuhkan dan sedang sakit.

3. Saat Ingin Menjadi Kaya

Waktu terbaik utuk bersedekah selanjutnya adalah saat kita berambisi ingin menjadi kaya. Pastinya orang yang sedang memiliki target menjadi kaya akan kikir dan pelit dalam mengeluarkan harta yang dimilikinya.

Mereka akan mengejar kekayaan dan harta untuk bisa mencapai targetnya. Rasulullah SAW orang yang tidak ingin menjadi kaya dan bersedekah maka sedekahnya kurang bernilai dibandingkan orang yang sedang dalam keadaan memiliki tujuan menjadi kaya dan sukses.

Orang yang ingin menjadi kaya dan kemudian menyedekahkan sebagaian hartanya untuk sedekah artinya dia tidak ingin menikmati kekayaan yang ia dapatkan untuk disinya sendiri saja. Tetapi ada niatan untuk berbagi kepada orang lain yang membutuhkan.

4. Saat Takut Miskin

Sedekah yang terbaik adalah saat dimana kita sedang dalam kondisi takut menjadi miskin. Jadi disini keimanan seorang muslim akan diuji saat dalam kesusahan tetapi apakah dia masih mampu untuk melakukan sedekah dalam kondisi kekurangan.

Ini adalah wujud seorang muslim tersebut bertaqwa pada Allah SWT dalam kondisi apapun termasuk saat kekurangan. Jadi dalam kondisi kekurangan dengan bersedekah artinya kita percaya bahwa Allah SWT tidak akan membuat kita menjadi tambah miskin saat mengeluarkan sebagaian harta yang kita miliki.

5. Saat Tidak Menjelang Kematian

Kondisi menjelang ajal bisa membuat orang merasa ingin bersedekah karena ingin keselamatan di alam kubur dan akhirat. Karena itu Rasulullah SAW mengingatkan umat islam agar jangan sampai mengingat sedekah saat ajal sudah akan menjemput. Karena pada saat ajal akan mendekat dan bersedekah itu bukanlah sedekah tetapi dinamakan sebagai harta waris.